Khalif's Finger Painting

9:08:00 PM The Journey of Life ~ Dini Anggraeni 2 Comments

Weekend kemarin saya sama suami pertama kali mengenalkan cat warna untuk khalif. Sebenarnya sudah dari beberapa waktu yg lalu ingin mengenalkan finger painting sama khalif, namun baru weekend kemarin terealisasi. Ayahnya menyebut kegiatan kali ini dengan sebutan EXPLORE ART. 
cat warna yang dipilih sengaja kami bikin sendiri, memilih dari bahan yang aman karna khalif sedang senang memasukan  apa yang menurutnya menarik kedalam mulut. Hasil dari browsing kesana kemari akhirnya saya mendapatkan cara membuat cat warna yang menurut saya aman untuk diperkenalkan pada anak usia 16 bulan. Berikut saya rangkum dari beberapa sumber bahan dan cara nya :
Bahannya seperti yang terlihat dalam gambar diatas, barang nya mudah dicari dan yang paling penting adalah murah meriah. Cukup dengan 1 kotak tepung maizena, pewarna makanan beberapa warna, kuas, dan kanvas. Sebetulnya tidak menggunakan kanvas pun tidak masalah, cukup digantikan dengan kertas HVS warna putih atau dibuat diatas kertas gambar. Tapi karna kemarin Ayah nya khalif punya ide akan "menyimpan" semua pra karya Khalif, maka saya memutuskan media kanvas yang akan saya pakai, agar ketika disimpan untuk jangka panjang lebih awet.
Cara membuat nya pun cukup gampang :
- Larutkan 1 cup tepung maizena ( 1 bungkus ) dengan dua cangkir air dingin sampai semuanya larut
- Panaskan larutan tepung maizena diatas api sedang, aduk terus hingga mengental
- Siapkan beberapa wadah (saya kemarin memakai stoples bekas kue kering yang sudah tidak dipakai)
- Masukan tepung maizena yang sudang mengental ke dalam beberapa wadah
- Tambahkan pewarna makanan yang berbeda dalam setiap wadah, aduk rata
- Tunggu sampai dingin, dan horeeeey cat air siap digunakan  ^^


Jangan lupa sebelum memulai aktifitas, lapisi lantai dengan koran karna sudah pasti lantai akan belepotan terkena cat air xixixixi :)) kalo misal punya celemek untuk anak, mungkin bisa dipakaikan untuk menghindari baju kotor. Tapi kalo baju belum kotor rasanya belum seru menurut anak-anak ya buuun?? mereka pasti dengan sengaja mnegelap-ngelap tangan nya ke baju :))

Oiya, ternyata media kuas yang digunakan tak terpakai lama. Anak lebih senang memasukan tangannya kedalam cat air alias FINGER PAINTING :D



Dan ahaaaaa, ini lah video kegiatan finger painting khalif. Do'akan ya bunda..bunda  semoga Khalif selalu tumbuh jadi anak sholeh yang cerdas dan selalau menjadi quro'taayun untuk kedua orang tuanya ;)


Salam 
Peace Love and Gaoool dari emak masa kini :D

2 komentar:

  1. Murmer yg menyenangkan kalau liat semangatnya Khalif gebrak2 kanvas (baca : melukis ) dan semangat Bunda nya ngasih komando
    Keep growing up happily ya Khalif ganteng :*

    BalasHapus
  2. Aku baru mau coba.... yeayyyy

    BalasHapus